x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Tutorial Pemula Artikel
Trading

Analisis teknis cryptocurrency 101

2021.01.11 okexindonesia

Panduan pemula untuk analisis teknis di pasar cryptocurrency

Analisis teknis di pasar cryptocurrency merujuk pada studi data pasar kripto di masa lalu dalam upaya untuk memproyeksikan pergerakan harga di masa depan. Hal ini memungkinkan kita untuk membuat perkiraan yang cerdas tentang apakah harga aset digital akan naik atau turun di masa depan.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara singkat alat-alat paling penting untuk melakukan analisis teknis dasar dalam upaya untuk memulai perjalanan Anda dalam memetakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dan meningkatkan permainan perdagangan kripto Anda.

Grafik Candle

Ada berbagai jenis grafik seperti grafik garis dan grafik batang, namun grafik candlestick adalah salah satu grafik yang paling efektif.

Berasal dari Jepang lebih dari seabad yang lalu, grafik candle secara visual menampilkan ukuran pergerakan harga dalam berbagai warna di mana umumnya warna hijau untuk candle positif dan warna merah untuk candle negatif.

Setiap candle menampilkan empat komponen penting untuk kerangka waktu yang diinginkan, yaitu:

  • Harga buka
  • Harga tinggi
  • Harga rendah
  • Harga tutup
Setiap candlestick menampilkan empat informasi penting, dengan candlestick "kosong" yang menunjukkan kenaikan harga

Komponen tersebut memberikan sejumlah informasi penting dalam format yang mudah dibaca dan ringkas dan juga memungkinkan identifikasi berbagai pola candle. Pada artikel ini kami akan menjelaskan beberapa pola candle yang sederhana dengan menyertakan pola engulfing bullish atau naik dan bearish atau turun.

Pola candlestick engulfing naik, yang menunjukkan tubuh candle positif "engulf" satu atau lebih candle negatif sebelumnya

Support dan Resistance

Salah satu metode paling sederhana dan efektif untuk melakukan analisis teknis adalah mengidentifikasi area support dan resistance di mana harga aset digital diharapkan masing-masing berhenti turun atau berhenti naik.

Karena pasar cryptocurrency sama seperti pertukaran antara pembeli dan penjual maka wajar saja jika permintaan aset digital meningkat karena harganya turun dan sebaliknya. Prinsip penting tersebut sebagian besar bertanggung jawab untuk menciptakan tingkat support dan resistance. Sederhananya, pasar sering memiliki minat untuk membeli atau menjual dengan harga tertentu yang menciptakan level yang sulit ditembus.

Harga BTC dari akhir 2017 hingga akhir 2018 memantul dari level support horizontal sekitar enam kali sebelum akhirnya jatuh

Mengidentifikasi level kunci support dan resistance berguna dalam merencanakan perdagangan. Misalnya, semakin sering level support atau resistance diuji, semakin lemah kecenderungannya. Contoh utama dari hal ini diilustrasikan di atas di mana ketika harga Bitcoin akhirnya jatuh melalui level support hampir setahun sekitar $6.000 pada tahun 2018.

Garis tren

Alat analisis teknis dasar yang sangat penting lainnya adalah garis tren yang merupakan garis yang digunakan untuk mengidentifikasi tren.

Dengan menelusuri bagian atas atau bawah pola candle, seorang analis teknis dapat mengidentifikasi tren naik atau turun yang jelas untuk harga mata uang kripto dan menyesuaikan strategi perdagangannya.

Bitcoin cenderung turun untuk jangka waktu yang lama di paruh kedua tahun 2019 sebelum dengan tegas menembus garis tren miring ke bawah - yang didaur ulang sebagai support selama kejatuhan pasar yang disebabkan COVID pada Maret 2020

Moving Average

Moving Average (MA) adalah indikator yang populer dan mudah digunakan untuk melancarkan volatilitas harga dan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai harga rata-rata aset digital selama periode waktu tertentu. 

Ada dua tipe utama Moving Average:

  • Moving Average sederhana (SMA)
  • Moving Average eksponensial (EMA)

Moving Average sederhana menggunakan rata-rata aritmatika dari satu set harga, sedangkan Moving Average eksponensial memberi bobot lebih pada tindakan harga terbaru.

Moving Average dapat digunakan sendiri atau berhubungan dengan satu sama lain. Misalnya, kita sering menggunakan pita Moving Average eksponensial pada grafik candle empat jam dalam analisis Harian Pasar Kripto kami. Pita ini terdiri dari delapan EMA, berkisar dari 20 hingga 55 dengan kelipatan lima yang berarti dibutuhkan rata-rata 20 hingga 55 candle terakhir sambil memberi bobot lebih pada aktivitas harga terkini.

Pita EMA empat jam untuk Bitcoin telah bertindak sebagai support berkali-kali sepanjang akhir 2020 dan dengan jelas mengidentifikasi tren naik

Di pasar yang sedang tren, pita EMA terbukti berguna karena dengan jelas menggambarkan ke arah mana pasar sedang tren dan di mana area support atau resistance dapat ditemukan.

Indeks kekuatan relatif

Alat terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah Relative Strength Indeks (RSI) atauindeks kekuatan relatifyang merupakan indikator momentum, terutama digunakan untuk mengidentifikasi apakah mata uang kripto mengalami overbought atau oversold atau tidak keduanya. Secara tradisional, nilai RSI di atas 70 menunjukkan bahwa aset digital overbought dan nilai di bawah 30 menunjukkan oversold.

Overbought merupakan sebuah kondisi di mana harga telah mencapai batas jenuh dari kenaikannya. Sementara oversold adalah kebalikan dari overbought yaitu kondisi yang mencerminkan harga yang telah mencapai batas jenuh dari penurunannya.

Namun, jika menyangkut Bitcoin dan mata uang kripto lainnya, RSI mungkin bukan indikator yang paling andal. Bitcoin telah membuktikan bahwa ia rentan terhadap kenaikan jangka panjang yang membuat harganya berulang kali dan sering kali bertahan di keadaan overbought. Namun demikian, hal ini mungkin berguna untuk mengidentifikasi kapan kemunduran bisa terjadi.

Selama kenaikan BTC sepanjang tahun 2016-2017, cryptocurrency yang memimpin pasar berulang kali menjadi overbought pada kerangka waktu mingguan.

Bukan pedagang OKEx? Pelajari cara memulai perdagangan!

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

tutorial-pemula