x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Ide Perdagangan Artikel
Derivatives OKEx Insights Bitcoin

Kontrak berjangka Bitcoin cerminan pudarnya optimisme para investor.

2021.03.11 okexindonesia

Futures Friday adalah review mingguan berjangka triwulanan Bitcoin di OKEx.

Bitcoin mengalami penurunan terus-menerus selama beberapa hari terakhir dan turun ke level USD $28.792 sekitar jam 08:00 WIB pada tanggal 22 Januari 2021 yang mana merusak sebagian besar keuntungannya sejak tahun baru. Sesuai harga Indeks Bitcoin OKEx, Bitcoin telah mengalami penurunan nilai sekitar 45% sejak mencapai level tertinggi sepanjang masa di harga USD $41.998 pada tanggal 7 Januari.

Pada minggu lalu, OKEx mengamati kewaspadaan di antara para pelaku pasar. Data kontrak berjangka OKEx minggu ini menunjukkan bahwa para bulls, istilah untuk investor yang membeli saham dengan harapan akan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di masa depan, mulai menutup long position atau posisi beli mereka pada hari Selasa setelah Bitcoin gagal menyentuh angka di atas USD $38.000. Penjualan pasar besar tersebut menyebabkan penurunan nilai hingga Jumat pagi.

Demikian pula, BTC triwulanan berjangka premium menyusut pada hari Selasa dari 6% menjadi sebesar 3% saat ini yang menunjukkan bahwa sentimen para investor pasar melemah. Open Interest (jumlah kontrak yang telah dibuat dan masih terbuka pada suatu jam perdagangan) Bitcoin di OKEx juga berjalan dengan total di bawah USD $2 miliar yang merupakan level terendah baru dalam dua minggu terakhir. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa sentimen pasar yang sebelumnya agresif mulai tenang.

Pada saat artikel ini ditulis, kontrak kuartalan BTCUSD0326 yang berakhir pada akhir Maret diperdagangkan pada level USD $31.000 dengan premi USD $1.000  atau 3,2% di atas harga indeks.

OKEx BTC kuartalan berjangka (BTCUSD0326), mulai pukul 6:00 UTC pada 22 Januari. Sumber: OKEx, TradingView

Pembacaan data perdagangan OKEx

Kunjungi halaman data perdagangan OKEx untuk menjelajahi lebih banyak indikator.

Rasio long (jual) /short (beli) BTC

Bitcoin melambung pada $34.000 dan naik menjadi $38.000 antara hari Minggu dan Selasa, mendorong rasio long/short naik dari 1,40 menjadi 1,80. Sementara harganya kemudian mencetak harga tertinggi yang lebih rendah dan mulai bergerak turun dengan cepat, rasio long/short-nya tidak mengikuti, yang menunjukkan bahwa beberapa pedagang retail kemungkinan besar akan terjebak.

Namun setelah hari Selasa, rasio long/short turun seiringan dengan harga, dan sentimen pasar memaksa para bulls untuk menutup posisi beli atau melakukan lindung nilai.

Margin rata-rata yang digunakan oleh para bulls masih tinggi, dan indikator BTC Top Trader Average Margin Used telah didorong ke level tertinggi sepanjang masa sebesar 40% selama koreksi harga kemarin.

Waktu pengumpulan data: 1/15 6:00 pagi UTC sampai 1/22 6:00 pagi UTC

Rasio long/short membandingkan jumlah total pengguna yang membuka posisi beli versus yang membuka posisi jual. Rasio ini disusun dari semua kontrak berjangka dan swap abadi, dan sisi jual/ beli pengguna ditentukan oleh posisi bersih mereka di BTC.

Di pasar derivatif, setiap kali posisi beli dibuka, maka diimbangi dengan posisi pendek. Jumlah total posisi beli harus sama dengan jumlah total posisi jual. Ketika rasionya rendah, hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak orang yang memegang posisi jual.

BTC dasar

Premi untuk kontrak berjangka kuartalan tidak stabil pada minggu ini. Selama rebound atau lambungan awal, premi terdorong naik dari 5,3% menjadi 6,3%, tetapi koreksi terbaru telah menurunkannya menjadi 3%. Premi saat ini sekitar 3,2% mencerminkan melemahnya sentimen bullish dibandingkan minggu lalu.

Selain itu, tingkat pendanaan menjadi indikator utama yang efektif dari perputaran pasar. Pada hari Selasa, tingkat pendanaan terdorong hingga ketinggian sekitar 0,2%, tetapi harganya tidak dapat bertahan di atas $38.000. Hal ini menyebabkan posisi beli ditutup, dan harga turun sebagai tanggapan.

Waktu pengumpulan data: 1/15 6:00 pagi UTC sampai 1/22 6:00 pagi UTC

Indikator ini menunjukkan harga kontrak berjangka triwulanan, harga indeks spot dan juga basis perbedaannya. Basis waktu tertentu sama dengan harga kontrak berjangka triwulanan dikurangi harga indeks spot.

Harga kontrak berjangka mencerminkan ekspektasi pedagang terhadap harga Bitcoin. Jika basisnya positif, maka menunjukkan bahwa pasar sedang bullish. Ketika basisnya negatif, maka menunjukkan bahwa pasar sedang bearish.

Basis berjangka kuartalan dapat lebih menunjukkan tren pasar jangka panjang. Ketika basisnya tinggi (baik positif atau negatif), berarti ada lebih banyak ruang untuk arbitrase.

Open interest dan volume perdagangan

Seiring dengan premi kuartalan, open interest telah turun tajam setelah hari Selasa. OI mundur dari level tertinggi $2,41 miliar menjadi $1,93 miliar selama tiga hari, yang menegaskan fakta bahwa bulls terus menutup posisi mereka karena kurangnya kepercayaan.

OI saat ini yang kurang dari $2 miliar, kembali ke posisi semula dua minggu lalu. Putaran ini tampaknya telah berakhir dengan kekalahan bagi bulls, dan kami cenderung melihat konsolidasi harga di sini saat OI memulai pemulihan.

Open interest adalah jumlah total kontrak berjangka/swap yang belum ditutup pada hari tertentu.

Volume perdagangan adalah total volume perdagangan berjangka dan swap abadi selama periode waktu tertentu.

Jika ada 2.000 kontrak beli dan 2.000 kontrak jual dibuka, OI akan menjadi 2.000. Jika volume perdagangan melonjak dan OI menurun dalam waktu singkat, hal ini mungkin menunjukkan bahwa banyak posisi ditutup, atau dipaksa untuk dilikuidasi. Jika volume perdagangan dan OI meningkat, hal ini menunjukkan bahwa banyak posisi telah dibuka.

Rasio pinjaman margin BTC

Rasio pinjaman margin BTC berjalan di kisaran 21 hingga 28 selama seminggu. Namun, rasio kembali ke level terendah pertengahan minggu setelah penurunan harga, juga menunjukkan bahwa pedagang spot mengurangi leverage mereka. Kepercayaan pasar jelas terpukul dari retracement (pembalikan harga temporer) terbaru.

Waktu pengumpulan data: 1/15 6:00 pagi UTC sampai 1/22 6:00 pagi UTC

Rasio pinjaman margin adalah data perdagangan pasar spot yang menunjukkan rasio antara pengguna yang meminjam USDT versus meminjam BTC dalam nilai USDT selama periode waktu tertentu.

Rasio ini juga membantu pedagang untuk melihat sentimen pasar. Umumnya, pedagang yang meminjam USDT bertujuan untuk membeli BTC, dan mereka yang meminjam BTC bertujuan untuk mempersingkatnya.

Ketika margin lending/pinjaman ratio tinggi, ini menandakan bahwa pasar sedang bullish. Saat harga rendah, hal ini menunjukkan bahwa pasar sedang bearish. Nilai ekstrim dari rasio ini secara historis menunjukkan pembalikan tren.

Trader Insight

Robbie, Analis Investasi OKEx

 Sentimen pasar berubah tajam menjadi lebih buruk setelah hari Selasa. Kami melihat bahwa posisi beli ditutup karena kurangnya kepercayaan pada prospek jangka pendek.

Keuntungan yang berlebihan dalam beberapa bulan terakhir juga telah mendorong aksi ambil untung, dan sekarang harga telah turun di bawah $ 35.000, kenaikan Bitcoin perlu berjuang keras untuk pemulihan yang kuat.

Dahuzi, Crypto Trader di TradingView

 Bitcoin mungkin masih berisiko mencetak pola dasar ganda. $28.000 hingga $29.000 sesuai harga indeks atau $29.000 hingga $30.000 pada grafik kuartalan masa depan dapat membentuk dasar dalam putaran retracement ini. Prospek jangka menengah masih tetap bullish.

OKEx BTC kuartalan berjangka (BTCUSD0326), 4j. Sumber: TradingView

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

ide-perdagangan