x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Glosarium Blockchain Artikel
Blockchain OKEx

Merkle Tree

2021.03.13 okexindonesia

Merkle Tree adalah cara mengatur dan menyusun data dalam jumlah besar agar lebih mudah diproses. Dalam kasus cryptocurrency dan blockchain, Merkle tree digunakan untuk menyusun data transaksi dengan cara yang tidak terlalu menuntut sumber daya.

Saat transaksi mata uang kripto dilakukan dalam struktur Merkle tree, transakti tersebut di-hash dan kemudian diberi nilai hash yang setara. Setelah setiap transaksi di-hash di Merkle tree, nilai hash yang dihasilkan dipasangkan dengan nilai hash lain dan kemudian di-hash lagi. Misalnya, nilai hash 'AB' dan 'AC' digabungkan untuk membuat 'ABC'.

Proses memasangkan nilai hash ini diulangi hingga menghasilkan nilai hash akhir. Nilai hash terakhir yaitu Merkle root memberikan ringkasan dari semua transaksi yang dimuat. Ringkasan Merkle root kemudian dimasukkan ke block header.

Keamanan Data

Struktur Merkle Tree menyediakan catatan transaksi yang mudah diakses dalam satu blok. Jadi, sangat mudah untuk memeriksa apakah data dalam sebuah blok telah diubah atau dirusak. Setiap perubahan pada transaksi (atau data terkait lainnya) pada Merkle Tree akan mengarah ke Merkle root terkait yang sama sekali berbeda.

Penggunaan sumber daya yang efisien

Jika cryptocurrency tidak menggunakan Merkle Tree, setiap permintaan verifikasi akan melibatkan sejumlah besar informasi yang dikirim ke seluruh jaringan. Menyusun data transaksi dalam Merkle Tree menghemat sumber daya yang jauh lebih efisien. Memvalidasi transaksi tidak memerlukan salinan lengkap dari buku besar karena data transaksi yang di-hash dapat diverifikasi di Merkle root dan memerlukan lebih sedikit informasi yang dikirim ke seluruh node, dengan demikian lebih sedikit daya komputasi yang diperlukan untuk menganalisis integritas data secara keseluruhan.

Dengan kata lain, struktur Merkle Tree memungkinkan pengguna memverifikasi bahwa transaksi individu telah dimasukkan ke dalam block tanpa harus melalui proses mengunduh seluruh blockchain. Teknologi merupakan alat penting bagi mata uang kripto untuk mengatur data transaksi dan berfungsi seefisien mungkin. Tanpa Merkle Tree, kemungkinan permintaan sumber daya yang lebih besar akan menghasilkan lebih sedikit node yang berpartisipasi dalam jaringan.

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

glosarium-blockchain