x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Analisis Industri Artikel
Bitcoin Investasi Institusional OKEx Insight

Narasi palsu dan informasi yang salah menyelimuti diskusi tentang Bitcoin saat institusi bergerak

2021.01.23 okexindonesia

Berita Minggu Ini - Kisah terbesar dunia cryptocurrency minggu ini

Optimisme luar biasa yang menyelimuti pasar aset digital selama beberapa bulan terakhir terkekang pada minggu ini setelah calon Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen mengklaim transaksi cryptocurrency terutama digunakan untuk aktivitas terlarang dan laporan yang salah arah dari pembelanjaan ganda Bitcoin yang tidak ada menyebabkan lonjakan negatif arus utama. Pada saat yang sama, sisi kelembagaan sibuk di belakang layar dengan rencana terkait kripto.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang cerita-cerita ini, dan banyak lagi, dalam OKEx Insight's News of the Week edisi minggu ini.

Calon Menteri Keuangan AS mengklaim crypto terutama digunakan untuk "keuangan terlarang"

Calon Menteri Keuangan AS Janet Yellen mendominasi berita utama terkait Bitcoin awal pekan ini dengan pernyataan awalnya yang negatif mengenai kasus penggunaan cryptocurrency. Mantan kepala Federal Reserve mengatakan dalam sidang konfirmasi Senat pada 19 Januari bahwa dia percaya "banyak [cryptocurrency] digunakan setidaknya dalam arti transaksi terutama untuk keuangan gelap."

Yellen mengubah pendiriannya melalui kesaksian tertulis kemarin, menjelaskan:

"Bitcoin dan digital dan cryptocurrency lainnya menyediakan transaksi keuangan di seluruh dunia. Seperti banyak perkembangan teknologi lainnya, hal ini menawarkan potensi keuntungan bagi AS dan sekutu kita. [...] Saya pikir penting untuk kita mempertimbangkan manfaat dari cryptocurrency dan aset digital lainnya, dan potensi yang mereka miliki untuk meningkatkan efisiensi sistem keuangan. Pada saat yang sama, kita tahu bahwa mereka dapat digunakan untuk mendanai terorisme, memfasilitasi pencucian uang, dan mendukung kegiatan jahat yang mengancam kepentingan keamanan nasional AS dan integritas AS. dan sistem keuangan internasional. Saya pikir kita perlu melihat lebih dekat bagaimana mendorong penggunaannya untuk kegiatan yang sah sambil membatasi penggunaannya untuk kegiatan yang memfitnah dan ilegal. "

Poin-poin penting

  • Pernyataan Yellen di awal minggu sebagian besar dianggap oleh mereka yang berada di industri dan komunitas cryptocurrency sebagai FUD - kependekan dari "ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan" - mengingat bahwa data baru dari perusahaan analisis blockchain terkemuka Chainalysis menggambarkan bahwa aktivitas cryptocurrency kriminal turun menjadi 0,34% terakhir tahun.
  • Pernyataan Yellen juga memperjelas fakta bahwa pembuatan kerangka kerja regulasi untuk fintech dan cryptocurrency adalah prioritas bagi Dewan Federal Reserve dan regulator keuangan AS.

The amount of cryptocurrency transacted for criminal activities decreased last year. Image credit: Chainalysis

Craig Wright menegaskan kepemilikan whitepaper Bitcoin melalui permintaan penghapusan

Pengacara yang mewakili Satoshi Nakamoto-penggugat Craig Wright, kepala ilmuwan nChain, mengirim pemberitahuan hukum ke Bitcoin.org dan Bitcoincore.org pada hari Rabu menuntut situs web tersebut menghapus whitepaper Bitcoin. Wright mengklaim memiliki hak cipta untuk dokumen pendirian Bitcoin, dan juga mengklaim sebagai pemilik asli Bitcoin.org.

Bitcoin.org menolak untuk menghapus whitepaper. Bitcoincore.org, di sisi lain, menghapusnya.

Poin-poin penting

  • Wright memiliki sejarah panjang ancaman hukum dan sangat tidak disukai di kalangan komunitas Bitcoin. Menanggapi tindakan hukum terbaru, banyak perusahaan terkait crypto - termasuk Square, Chaincode Labs, Paradigm, Coin Center, anak perusahaan Facebook Novi, Casa dan lainnya - mulai menjadi tuan rumah whitepaper Bitcoin sebagai tindakan pembangkangan terhadap pencipta Bitcoin SV.
  • Wright belum secara pasti memverifikasi bahwa dia adalah nama samaran Satoshi Nakamoto, meskipun ada klaim selama bertahun-tahun. Fakta ini terus membuat komunitas Bitcoin yang lebih luas bosan dengan ancaman hukumnya yang terus-menerus.

BlackRock menunjukkan minat BTC berjangka dalam pengajuan kembar

Raksasa manajemen aset triliunan dolar BlackRock tampaknya siap mengalokasikan modal ke BTC berjangka melalui BlackRock Funds V dan BlackRock Global Allocation Fund, Inc, seperti yang disarankan oleh pengajuan baru-baru ini dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Pengajuan tersebut berbunyi, antara lain menyebutkan BTC futures, bahwa "satu-satunya bitcoin berjangka di mana Dana dapat berinvestasi adalah bitcoin berjangka yang diselesaikan secara tunai yang diperdagangkan di bursa komoditas yang terdaftar dengan CFTC."

Poin-poin penting

  • Meskipun pengajuan tidak secara eksplisit menyatakan bahwa BlackRock akan terlibat dengan masa depan BTC dalam waktu dekat, mereka menyarankan bahwa raksasa manajemen aset ingin melakukannya, jika itu yang dipilih.
  • Masuknya BlackRock ke ruang berjangka BTC akan menjadi babak penting dalam sejarah pertumbuhan investasi institusional ke dalam Bitcoin.

Harga saham BlackRock, Inc. telah meningkat secara substansial dari waktu ke waktu. Sumber: Google

Laporan palsu dari kemarahan industri pada "pembelanjaan ganda" Bitcoin

Beberapa berita palsu tersebar akhir minggu ini setelah blockchain Bitcoin mengalami reorganisasi blok yang disalahartikan sebagai "pembelanjaan ganda", yang merupakan istilah ketika BTC yang sama diproses dalam dua transaksi.

BitMEX Research adalah yang pertama menunjukkan "skenario pembelanjaan ganda," yang memicu (terkadang salah) laporan dari industri dan media keuangan arus utama.

Poin-poin penting

Pembelanjaan ganda tidak terjadi di blockchain Bitcoin. Apa yang terjadi, dalam istilah awam, sebenarnya cukup berjalan normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Banyak individu di industri ini mengecam BitMEX Research, Cointelegraph, dan outlet media keuangan arus utama karena menyebarkan informasi yang salah melalui tajuk utama klik-umpan dan pelaporan yang tidak akurat.

VanEck file pelacakan ETF perusahaan crypto

Manajer aset Amerika VanEck telah mengajukan dana baru yang diperdagangkan di bursa - yang akan melacak kinerja industri aset digital melalui Indeks Ekuitas Aset Digital Global dari anak perusahaan MV Index Solutions - dengan SEC.

Secara khusus, ETF sebagian besar akan melacak kinerja perusahaan yang terlibat dalam industri aset digital - seperti bursa, perusahaan penambangan cryptocurrency, gateway pembayaran, dll.

Poin-poin penting

  • VanEck paling terkenal di industri cryptocurrency karena banyaknya pengajuan yang gagal untuk ETF BTC di A.S. Aplikasi terbarunya diajukan pada hari terakhir tahun 2020, meskipun mantan mitranya SolidX menuntut VanEck karena diduga menjiplaknya.
  • Jika ETF VanEck mendapatkan persetujuan, itu akan menjadi kemenangan yang sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang terkepung oleh penolakan dari SEC.

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

analisis-industri