x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Tutorial Pemula Artikel
OKEx

Panduan perdagangan cryptocurrency untuk pemula

2020.12.11 okexindonesia

Pengantar komprehensif tentang perdagangan Bitcoin dan cryptocurrency

Pasar cryptocurrency telah tumbuh secara signifikan sejak tahun-tahun awal kemunculannya dengan volume perdagangan 24-jam rata-rata sekitar $50 miliar pada tahun ini, dan sering melewati angka $100 miliar. Saat ini, pelaku pasar kripto yang termasuk campuran pedagang ritel dan institusional serta aset digital yang dipimpin oleh Bitcoin (BTC) secara luas dianggap sebagai kelas investasi alternatif.

Jika Anda baru mengenal pasar cryptocurrency, panduan ini akan memperkenalkan Anda pada dasar-dasar perdagangan kripto dan memungkinkan Anda untuk mulai berdagang cryptocurrency dengan penuh percaya diri.

Pendahuluan tentang perdagangan: Beli rendah, jual tinggi

Pada intinya, perdagangan melibatkan pembelian dan penjualan aset dalam upaya menghasilkan keuntungan. Meskipun perdagangan saat ini melibatkan berbagai instrumen yang relatif rumit seperti berjangka, opsi, swap, dll. dan berbagai strategi seperti lindung nilai, arbitrase, dll., namun prinsip yang dasar beli rendah dan jual tinggi tetap relevan.

Tujuan utama pedagang adalah membeli instrumen dengan harga tertentu dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi yang dikenal dengan istilah long trade, yaitu mengantongi selisihnya sebagai keuntungan. Urutan transaksi dapat berubah misalnya seperti dalam kasus perdagangan singkat atau short trade, di mana pedagang mencoba untuk menjual tinggi dulu dan kemudian membeli rendah tetapi tujuannya sama.

Secara teori, hal ini terdengar seperti konsep sederhana, namun dalam praktiknya hal tersebut melibatkan penilaian harga pasar instrumen, dan apakah akan murah (undervalued) atau mahal (overvalued) pada waktu tertentu. Lagi pula, Anda hanya dapat menjual instrumen dengan harga yang lebih tinggi jika orang lain percaya bahwa harganya lebih tinggi dan bersedia membayarnya.

Keuntungan dan kerugian yang direalisasi dan yang belum direalisasi

Dalam perdagangan, terdapat istilah ambil posisi yaitu saat di mana Anda menentukan posisi long trade atau short trade, dan sangat menarik jika posisi Anda menghasilkan keuntungan saat pasar bergerak sesuai keinginan Anda. Namun, setiap keuntungan yang Anda lihat terhadap posisi Anda berstatus "belum direalisasi" atau yang dikenal sebagai "keuntungan kertas" sampai Anda keluar dari posisi tersebut. Keluar dari posisi berarti menjual instrumen yang Anda pegang atau membelinya kembali.

Misalnya, jika Anda membeli 1 BTC seharga $5.000 selama crash Maret 2020 untuk mengantisipasi kenaikan di masa depan, Anda secara efektif membeli. Jika Anda masih memegang koin tersebut yang saat ini bernilai sekitar $18.250, Anda memiliki keuntungan yang belum direalisasi sebesar $13.250 (yaitu, $18.250 - $5.000).

Namun, jika harga Bitcoin turun menjadi $17.000 dalam satu jam berikutnya, potensi keuntungan Anda juga akan berkurang menjadi $12.000. Contoh tersebut menunjukkan bahwa keuntungan Anda yang sebenarnya didapat ketika Anda menjual koin tersebut. Jika tidak dijual, Anda hanya melihat potensi, atau keuntungan yang belum direalisasikan.

Demikian pula, pergerakan harga yang tidak menguntungkan mengakibatkan "kerugian kertas" yang juga hanya akan terjadi saat Anda keluar dari posisi tersebut. Dalam kedua kasus, sebagai pedagang, penting untuk memperhatikan perbedaan antara untung dan rugi yang belum direalisasi dan yang direalisasikan, atau P&L. Untung dan rugi hanya akan didapat setelah Anda keluar posisi atau direalisasikan.

Berdagang atau berinvestasi

Berdagang (trading) dan berinvestasi adalah dua aktivitas yang berbeda, meskipun tujuannya mirip. Baik investor dan pedagang mencari keuntungan, tetapi pola pikir, strategi, dan komitmennya sangat berbeda.

Saat Anda berinvestasi dalam aset seperti BTC, pada dasarnya Anda setuju dengan ide dan bahkan budaya di baliknya. Anda mungkin berkomitmen untuk mempertahankan posisi Anda atau "hodl" BTC Anda selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Sebaliknya, ketika Anda hanya memperdagangkan BTC, Anda tidak memiliki komitmen seperti itu dan hanya mementingkan harga pasar jangka pendek.

Meskipun tidak ada durasi tertentu yang membedakan antara berdagang dan berinvestasi, umumnya pedagang lebih aktif dalam target yang lebih spesifik dan waktu yang lebih singkat. Pedagang harian misalnya, mereka menahan posisi selama berjam-jam dalam sehari, tetapi banyak calo yang merupakan bagian dari pedagang harian dapat masuk dan keluar posisi dalam hitungan menit atau bahkan hitungan detik.

Pilihan antara berdagang dan berinvestasi tergantung pada tujuan keuangan pribadi serta penilaian harga, nilai, dan prospek instrumen pilihan Anda, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Memahami pasar kripto

Memiliki sebuah marketplace atau pasar dapat memberikan manfaat yang signifikan meskipun dalam perdagangan tidak sepenuhnya membutuhkan sebuah pasar. Secara teori Anda dapat memperdagangkan apa pun hanya dengan membelinya langsung dari penjual dan menjualnya kepada orang lain (katakanlah membeli dari tetangga Anda dan kemudian menjualnya kepada seseorang yang Anda kenal), skenario ini tidak dapat diukur.

Pasar seperti pertukaran mata uang kripto memiliki banyak keuntungan, tetapi mungkin pada dasarnya adalah kemampuan untuk menyediakan likuiditas yang berarti pedagang dapat dengan cepat menyelesaikan transaksi simultan dalam hitungan menit tanpa mencari atau menunggu pembeli dan penjual. Likuiditas pasar adalah istilah tentang seberapa mudah dan cepat Anda dapat membeli atau menjual aset terhadap pesanan yang tersedia di pasar, yang mana perdagangan Anda tidak secara drastis memengaruhi harga pasar aset.

Secara umum, aset likuid adalah salah satu yang diminati banyak orang untuk diperdagangkan yang artinya volume perdagangan untuk aset tersebut tinggi dan harga aset tidak berbeda drastis antar perdagangan. Pasar seperti kolam bursa  menuntut aset tertentu di tempat terpusat sehingga pembeli dan penjual dapat lebih mudah dan cepat dicocokkan.

Mengingat kebutuhan akan likuiditas, indeks harga yang andal, transaksi yang aman, dan fitur lainnya, hampir semua perdagangan mata uang kripto saat ini dilakukan di bursa khusus seperti OKEx, ataupun broker khusus.

Misalnya dengan OKEx, Anda dapat membeli atau menjual BTC dan banyak cryptocurrency lain yang didukung hampir secara instan setiap saat dengan biaya perdagangan yang sangat kecil.

Spot atau derivatif

Pasar kripto sebagian besar mengikuti format yang sama dengan pasar tradisional dan dibagi menjadi spot dan derivatif. Pasar spot adalah tempat di mana Anda dapat membeli atau menjual cryptocurrency secara instan dan menerima koin/token aktual yang Anda perdagangkan. Sementara, pasar derivatif berurusan dengan kontrak seperti kontrak berjangka, opsi, dan swap yang melacak atau memperoleh nilainya dari mata uang kripto yang mendasarinya. Perdagangan yang melibatkan kontrak derivatif tidak selalu mengirimkan koin/token aktual ke pedagang.

Secara alami, derivatif adalah produk perdagangan yang lebih canggih dan sering kali melibatkan risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan perdagangan spot. Meskipun panduan ini terutama akan berfokus pada dasar-dasar perdagangan spot, sebagian besar prinsip yang lebih luas juga berlaku untuk perdagangan derivatif. Anda dapat merujuk ke panduan untuk derivatif kripto untuk mempelajari lebih lanjut tentang setiap jenis dan cara kerja derivatif kripto.

Pasangan perdagangan

Seperti halnya pasar tradisional, pasar cryptocurrency memiliki berbagai pasangan yang terdaftar untuk diperdagangkan dan masing-masing mewakili pasar yang dilambangkan dengan kombinasi aset seperti BTC/USDT, ETH/BTC atau LTC/BTC. Setiap pasangan pasar secara tepat mengacu pada dua mata uang. Pasangan ini tidak selalu untuk mata uang kripto karena beberapa bursa mendukung pasangan perdagangan fiat yang berarti perdagangannya antara mata uang kripto dan fiat yaitu mata uang yang dikeluarkan pemerintah seperti BTC/USD, BTC/EUR atau BTC/GBP. Pasangan ini mencerminkan kutipan atau nilai tukar. Mata uang pertama dalam pasangan adalah mata uang "dasar" dan yang kedua adalah mata uang "kutipan".

Pasangan perdagangan adalah bagaimana harga cryptocurrency sering tercermin, terutama di bursa. Misalnya, pasangan perdagangan BTC/USDT di 18.250 USDT berarti 1 BTC sama dengan 18.250 USDT, atau kira-kira $18.250. Demikian pula dengan ETH/BTC di 0,03 berarti 1 ETH sama dengan 0,03 BTC, atau sekitar $550 pada saat penulisan.

Denominasi kripto

Seperti yang dibahas di atas, pasangan perdagangan mencakup mata uang dasar dan kutipan. Meskipun mata uang dasar dapat berupa salah satu mata uang kripto yang terdaftar di bursa, mata uang kutipan biasanya lebih terbatas.

Di ruang kripto, BTC adalah mata uang digital terkemuka dan juga mata uang kutipan utama dalam pasangan perdagangan dalam mata uang kripto. Stablecoin Tether (USDT) dan altcoin terkemuka yaitu Ether (ETH) adalah mata uang kutipan umum lainnya. OKEx memiliki token platformnya sendiri yaitu OKB yang juga digunakan sebagai kutipan cryptocurrency di bursa.

Denominasi fiat

Jika dibandingkan dengan pasangan mata uang kripto, pasangan mata uang fiat lebih intuitif bagi pedagang yang menyeimbangkan akunnya dalam mata uang fiat masing-masing. Misalnya, pedagang yang beroperasi dalam USD mungkin lebih memilih untuk berdagang BTC/USD atau pasangan yang setara untuk melihat harga BTC yang dikutip dalam USD.

Namun, sebagian besar bursa kripto termasuk OKEx menggunakan stablecoin yang bukan mata uang fiat sebenarnya untuk mewakili pasangan mata uang fiat. Sejauh ini USDT adalah stablecoin yang dipatok dengan harga USD yang paling umum digunakan di pasar, dan yang lainnya termasuk TrueUSD (TUSD), USD Coin (USDC), USDK, dan lainnya.

Pilihan pasangan perdagangan

Pasangan perdagangan mata uang kripto dan mata uang fiat memiliki pro dan kontra dan pilihan Anda bergantung pada tujuan dan target perdagangan Anda.

Misalnya, pedagang yang ingin mempertahankan dan berpotensi meningkatkan kepemilikan BTC mereka, terlepas dari bagaimana harga Bitcoin sendiri berfluktuasi, lebih menyukai pasangan berdenominasi BTC. Sebaliknya dengan pedagang yang ingin mendapatkan keuntungan fiat dan ingin keuntungan mereka tidak berubah dengan pergerakan harga mata uang kutipan, maka akan memilih pasangan mata uang fiat.

Memahami harga pasar dan aktivitas

Kita telah membahas tentang pasangan perdagangan dan kutipan, selanjutnya kita akan membahas bagaimana kutipan atau harga pasar tersebut muncul.

Jika pasangan BTC/USDT dikutip di harga 18.000 USDT, itu berarti kurs pasar untuk 1 BTC adalah 18.000 USDT. Namun, dikarenakan harga BTC yang fluktuatif maka hal ini adalah deskripsi yang sangat disederhanakan dari harga 1 BTC, karena harga kutipan bisa cepat berubah dan tidak selalu berlaku dua arah (Anda tidak bisa selalu beli dan jual dengan harga yang sama).

Angka 18.000 USDT tersebut hanyalah harga terakhir di mana perdagangan dieksekusi di pasar. Sementara itu secara teknis menjadikannya harga pasar yang sangat tidak mungkin harga tersebut akan Anda dapatkan di pasar untuk pesanan beli atau jual Anda.

Alih-alih, kutipan aktual yang tersedia di pasar diwakili oleh "permintaan" dan "tawaran", di mana permintaan adalah pesanan jual yaitu seseorang ingin menjual BTC pada harga tertentu dan tawaran adalah pesanan beli yaitu seseorang ingin membeli BTC dengan harga tertentu.

Permintaan dan penawaran, maker dan taker

Seperti yang dibahas di atas, ada perbedaan antara harga terakhir yang diperdagangkan dan harga pasar yang sebenarnya. Harga terakhir bergantung pada berbagai faktor seperti spread atau penyebaran antara permintaan dan penawaran dan depth atau kedalamannya.

Secara sederhana, permintaan adalah pesanan penjualan dan penawaran adalah tawaran beli yang saat ini terdaftar di pasar tertentu misalnya di OKEx. Setiap permintaan dan penawaran terdiri dari harga dan jumlah. Misalnya, permintaan dapat meminta untuk membeli 0,5 BTC dengan harga $18.000 per BTC yang berarti total harga pesanan adalah $18.000 x 0,5 BTC = $9.000. Demikian pula, tawaran bisa sebesar 0,25 BTC pada $17,500 per BTC, yang berarti penawar bersedia membeli 0,25 BTC seharga $4,375 yaitu harga pesanan total adalah $17,500 x 0,25 BTC = $4,375.

Baik permintaan maupun penawaran tersedia untuk diambil atau terisi oleh siapa pun di bursa, kecuali permintaan atau penawaran yang dibatalkan oleh pedagang sebelum terisi. Namun, dalam kedua kasus tersebut, Anda tidak perlu mengisi seluruh jumlah permintaan atau penawaran. Anda dapat memilih jumlah mana pun yang kurang dari atau hingga jumlah yang dikutip. Dari contoh permintaan dan penawaran di atas, berarti Anda akan memiliki kisaran 0,001 BTC yaitu jumlah BTC minimum yang dapat diperdagangkan di OKEx hingga 0,5 BTC untuk contoh permintaan dan 0,001 BTC hingga 0,25 BTC untuk contoh penawaran.

Saat berdagang di pasar mana pun, Anda memiliki dua pilihan. Anda dapat mengisi, atau "menerima" permintaan dan penawaran yang ada sebagaimana yang dijelaskan di atas atau "membuat" permintaan dan penawaran Anda sendiri. Dengan demikian, Anda juga memilih untuk menjadi "maker" atau "taker", dan pesanan Anda akan dikenakan biaya yang berbeda untuk setiap kasus. Maker didukung dengan biaya yang lebih rendah karena mereka menambahkan likuiditas ke pasar dengan secara aktif mengusulkan perdagangan, sedangkan taker membayar biaya yang sedikit lebih tinggi karena mereka menghapus likuiditas dengan mengisi dan mengonsumsi pesanan yang ada yaitu yang diusulkan oleh maker.

Misalnya, jika di pasar BTC/USDT di OKEx Anda melihat permintaan terendahnya adalah 18.050 USDT dan tawaran tertinggi pada angka 17.800 USDT, itu berarti harga terendah siapa pun yang bersedia menjual 1 BTC di OKEx pada saat itu adalah 18.050 USDT dan harga tertinggi yang bersedia dibeli oleh siapa pun untuk 1 BTC adalah 17.800 USDT. Anda dapat memilih untuk mengambil salah satu dari pesanan ini atau membuat sendiri.

Contohnya Anda memilih untuk membuat permintaan Anda sendiri misalnya order jual. Anda siap untuk menjual BTC Anda berapa pun jumlahnya dengan harga 17.000 USDT per BTC. Dalam hal ini, pesanan penjualan Anda akan ditampilkan di pasar sebagai permintaan teratas, karena harga tersebut lebih rendah dari permintaan yang berlaku sebelumnya yaitu 17.050 USDT per BTC.

Selama tidak ada orang lain yang menjual BTC dengan harga yang lebih rendah dari Anda yaitu 17.000 USDT per BTC, maka permintaan Anda akan menjadi yang pertama dalam antrian yang diisi di pasar.

Mengingat bagaimana pasar bebas melibatkan pembeli dan penjual yang mengutip harga yang mereka inginkan dan tidak peduli seberapa tinggi atau rendahnya, maka pasar menyeimbangkan sendiri dengan memilih permintaan terendah yaitu penjual dengan penawaran harga terendah dan tawaran tertinggi yaitu pembeli dengan harga penawaran tertinggi karena mewakili harga yang paling menguntungkan.

Market depth dan market spread

Meskipun penting untuk aktivitas pasar, permintaan dan penawaran tidak mencerminkan keseluruhan gambaran. Seperti yang disebutkan di atas, permintaan atau penawaran bisa dalam jumlah berapa pun, bahkan serendah 0,001 BTC sekitar $18 pada saat penulisan artikel ini.

Jika seseorang ingin menjual hanya 0,001 BTC dan dengan asumsi permintaan ini berada di puncak pasar karena ia menawarkan harga terendah untuk 1 BTC di pasar pada saat itu, dan jika Anda mencoba untuk membeli lebih banyak dari 0,001 BTC, maka secara otomatis Anda akan menerima permintaan teratas; namun, jumlah pesanan Anda yang tersisa di atas 0,001 BTC akan berada dalam antrian untuk diisi oleh permintaan terbaik berikutnya sampai pesanan Anda selesai.

Perlu dicatat bahwa akan selalu ada perbedaan harga antara permintaan terendah dan penawaran tertinggi seperti yang kita lihat pada contoh di atas, di mana 17.000 USDT untuk permintaan terendah dan 17.800 untuk penawaran tertinggi. Perbedaan harga ini dikenal sebagai pasar, atau spread bid-ask. Tanpa adanya spread ini, tidak akan ada insentif bagi pembuat pasar untuk menyediakan likuiditas dengan mengajukan permintaan atau penawaran, karena mereka juga ingin membeli rendah dan menjual tinggi. Namun, di pasar yang sangat likuid, spread ini sangat ketat artinya ada perbedaan kecil antara harga beli dan harga jual, sementara pasar dengan likuiditas rendah seringkali memiliki spread yang lebih luas.

Setelah memahami spread bid-ask, sekarang bayangkan jika sebagian besar permintaan atau penawaran di pasar adalah untuk jumlah yang sangat kecil, misalnya masing-masing sekitar 0,002 BTC. Mengingat bagaimana permintaan dan tawaran berbaris dalam pesanan naik dan turun, masing-masing harga beli atau jual Anda menjadi kurang menguntungkan saat Anda bergerak melalui salah satu kolom permintaan atau tawaran, karena spread bid-ask meluas secara signifikan.

Pasar BTC / USDT di OKEx dilihat dalam mode dasar kami. Sumber: OKEx

Tangkapan layar di atas menunjukkan dasbor spot dasar untuk pasar BTC/USDT di OKEx. Panah hijau menunjuk ke bagian daftar pesanan, di mana permintaan yang tercantum berwarna merah dan penawara berwarna hijau. Perhatikan bagaimana permintaan terendah adalah 54.019,5 USDT per BTC sedangkan permintaan tertinggi yang terlihat adalah 54.029,9USDT per BTC. Perbedaannya sekitar 10 USDT.

Sementara penawaran tertinggi adalah 54.019,4 USDT per BTC dan penawaran terendah adalah 54.012,9 USDT per BTC, ukuran penawaran ini secara kolektif bahkan tidak bertambah hingga 0,5 BTC. Ini berarti penjual dengan 0,5 BTC atau lebih akan memenuhi semua penawaran ini dan lebih banyak lagi, tetapi harga yang didapat penjual untuk BTC mereka akan diturunkan saat kolom penawaran dikonsumsi.

Kembali ke contoh sebelumnya dengan pesanan kecil yaitu masing-masing 0,002 BTC, jika Anda ingin menjual 1 BTC di pasar seperti itu, Anda harus melalui 500 tawaran dengan masing-masing 0,002 BTC dengan harga kutipan yang bervariasi sebelum pesanan Anda terisi penuh. Hal ini pasti akan mengakibatkan harga pesanan akhir Anda menjadi kurang menguntungkan daripada harga terbaik di pasar saat Anda mengajukan permintaan karena penyebaran atau perbedaan harga di 500 tawaran itu meluas.

Namun, ini adalah contoh sederhana tentang apa yang terjadi di pasar yang tidak memiliki depth yang memadai. Depth pasar adalah ukuran kemampuan pasar untuk menangani pesanan dalam jumlah besar tanpa adanya perubahan besar dalam spread bid-ask.

Pada akhirnya, memahami konsep-konsep tersebut sangat penting untuk menjalankan strategi perdagangan Anda dan memenuhi pesanan Anda pada harga yang diinginkan.

OKEx sebagai salah satu bursa mata uang kripto terbesar di dunia dalam hal volume perdagangan, memiliki likuiditas dan depth pasar terdepan di industri yang mana spread sangat ketat dan menghasilkan harga perdagangan yang menguntungkan bahkan untuk pesanan yang sangat besar.

Daftar Pesanan

Pada setiap bursa, semua penawaran dan permintaan aktif di pasar terdaftar pada apa yang dikenal sebagai daftar pesanan yang diperbarui secara real time dan mencerminkan depth dan likuiditas pasar. Daftar pesanan juga disertai dengan grafik riwayat transaksi yang mencantumkan perdagangan terbaru yang berhasil dieksekusi.

Namun, perlu dicatat bahwa penawaran dan permintaan yang muncul di daftar pesanan semuanya dapat dibatalkan oleh pedagang yang mempostingnya dan tidak ada jaminan sampai penawaran dan permintaan tersebut benar-benar terisi.

OKEx memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan daftar pesanan mereka dengan mengelompokkan pesanan yang jatuh dalam kisaran harga tertentu dari mata uang kutipan.

Jenis pesanan perdagangan dan penggunaannya

Setelah membahas banyak konsep utama di atas, sekarang kita dapat fokus untuk mengirimkan pesanan perdagangan. Setiap kali Anda ingin melakukan perdagangan, Anda harus memposting pesanan di pasar. Sekali lagi, Anda dapat mengambil permintaan dan tawaran yang ada atau membuatnya sendiri.

Bergantung pada tujuan dan strategi perdagangan Anda, Anda dapat menggunakan berbagai jenis pesanan perdagangan yang tersedia di bursa seperti OKEx. Dalam panduan ini, kami akan membahas jenis pesanan yang paling umum digunakan dan apa artinya bagi pedagang.

Pesanan Batas

Pesanan batas adalah jenis pesanan perdagangan yang paling umum dan cocok untuk pemula maupun pedagang berpengalaman. Seperti namanya, pesanan batas memungkinkan Anda untuk menentukan batas harga tertentu untuk pesanan beli atau jual Anda, dan pasar hanya akan mencocokkannya dengan kutipan Anda dengan tepat atau lebih baik.

Misalnya, jika Anda menempatkan pesanan batas beli untuk 1 BTC di $17.123, maka hanya akan terisi jika pasar memiliki penjual yang meminta $17.123 atau kurang untuk 1 BTC. Demikian pula, pesanan batas beli dengan detail yang sama hanya akan terisi ketika pasar memiliki pembeli yang bersedia membayar $17.123 atau lebih untuk 1 BTC Anda.

OKEx juga memiliki opsi pesanan batas yang lebih canggih yaitu "Pesanan Batas Lanjutan", yang memungkinkan Anda untuk menentukan parameter atau ketentuan lebih lanjut termasuk "Hanya Posting," "Isi atau Hapus" dan "Segera atau Batalkan."

Ketentuan tambahan ini memberikan lebih banyak kendali kepada pedagang dengan strategi khusus yang membiarkan pedagang memposting pesanan hanya sebagai pembuat pasar atau market maker yang memastikan pesanannya terisi sepenuhnya atau dihapuskan sebagai kebalikan dari pengisian sebagian, atau terisi segera atau dibatalkan sebagai kebalikan dari menunggu taker.

Mengingat bagaimana pesanan batas memungkinkan pedagang untuk menetapkan nilai minimum yang dapat diterima dan pada dasarnya merupakan penawaran "ambil atau tinggalkan", pesanan tersebut mudah untuk dikelola dan memungkinkan perhitungan untung dan rugi yang lebih sederhana.

Pesanan pasar

Jika pesanan batas memungkinkan pedagang untuk menetapkan harga mereka sendiri bahkan jika harus menunggu pesanan terpenuhi, maka pesanan pasar segera terpenuhi dengan harga berapa pun yang bersedia ditawarkan oleh pasar.

Misalnya, jika Anda ingin menjual 1 BTC dengan pesanan pasar, bursa akan segera mengisi pesanan Anda dengan harga terbaik yang tersedia.

Pesanan pasar menyerahkan kendali atas spesifikasi harga dengan imbalan eksekusi secara segera dan disukai oleh pedagang yang mencari pertukaran instan terlepas dari deviasi harga.

Perlu dicatat bahwa perdagangan dengan pesanan pasar sangat tidak mungkin untuk menguntungkan dalam jangka waktu yang pendek karena spread bid-ask. Jika Anda terus membeli dan menjual secara berturut-turut pada harga pasar, pada dasarnya Anda akan membeli tinggi dan menjual rendah yang mengakibatkan hilangnya uang.

Pesanan penghentian

Pesanan penghentian adalah jenis pesanan lanjutan memungkinkan pedagang untuk menentukan kondisi, seperti "Harga Pemicu" dan "Harga Pesanan," yang ketika dipenuhi secara otomatis memposting pesanan beli atau jual di pasar. OKEx mendukung dua jenis pesanan penghentian yaitu "Bersyarat" dan "One-Cancels-the-Other" atau OCO pesanan penghentian.

Meskipun pesanan penghentian pada awalnya tampak sangat rumit bagi pemula, pesanan ini justru sangat berguna dan logis setelah Anda memahami cara kerjanya.

Misalnya, saat memposting pesanan penghentian bersyarat, Anda memulainya dengan menentukan harga pemicu. Seperti namanya, harga pemicu adalah ambang harga yang memicu atau mengaktifkan pesanan Anda. Namun, harga pemicu bukanlah harga di mana pesanan Anda akan dieksekusi. Untuk itu, Anda perlu menentukan parameter kedua yaitu harga pesanan yang merupakan harga sebenarnya di mana pesanan beli atau jual Anda akan diposting. Sebagai alternatif, untuk memastikan eksekusi dengan segera, Anda juga dapat memilih untuk mengeksekusi pesanan Anda pada harga pasar berapa pun setelah kondisi harga pemicu terpenuhi.

Pesanan penghentian bersyarat di pasar BTC/USDT di OKEx.

Pesanan penghentian OCO bekerja dengan cara yang sama tetapi dengan dua set kondisi yaitu dengan dua pemicu dan kondisi harga pesanan yang berlawanan dengan hanya satu. Jenis pesanan ini berguna jika Anda ingin menempatkan pesanan yang mencakup lonjakan dan penurunan pasar.

Pesanan penghentian OCO di pasar BTC/USDT di OKEx.

Misalnya, jika Bitcoin diperdagangkan pada $54.000 dan strategi perdagangan Anda melibatkan penjualan 1 BTC seharga $55.000 jika terjadi reli, ataupun menjualnya di harga $53.500 jika terjadi penurunan, maka Anda dapat menggunakan jenis pesanan OCO untuk mengeksekusi perdagangan ini. Anda menentukan satu set pemicu dan harga pesanan untuk sisi atas dan set lainnya untuk sisi bawah. Dalam perdagangan OCO, set kondisi mana pun yang terpenuhi terlebih dahulu akan dieksekusi, sementara yang lain akan otomatis dibatalkan.

Dengan mempertimbangkan beberapa konsep yang dibahas sebelumnya dalam panduan ini, kami dapat menghubungkan penggunaan pesanan penghentian bersyarat dan OCO dengan realisasi keuntungan tepat waktu serta mitigasi risiko dengan menyadari kerugian lebih awal pada level yang ditentukan oleh Anda.

Meskipun ada beberapa jenis pesanan lanjutan yang tersedia untuk pengguna di OKEx, yang dibahas di atas sudah cukup untuk sebagian besar para pedagang pemula maupun tingkat menengah.

Langkah selanjutnya: Mulai berdagang

Tujuan dari panduan ini adalah untuk memberi Anda pengenalan yang berguna tentang perdagangan cryptocurrency, setelah itu Anda dapat mulai mengamati dan memahami aktivitas pasar. Akhirnya, Anda bisa menjadi pedagang dan mulai berdagang serta mencoba berbagai alat dan strategi yang telah dibahas di atas.

Namun, kesadaran akan risiko yang ada juga penting bagi pemula karena pasar kripto lebih berisiko dan jauh lebih tidak stabil dari pasar tradisional. Pedagang yang sukses tidak selalu benar, tetapi mereka selalu memiliki rencana dan strategi yang selaras dengan tujuan dan risiko mereka.

OKEx memiliki banyak fitur yang bertujuan untuk mendidik dan memfasilitasi pedagang kripto pemula. Jika Anda belum memiliki akun OKEx, daftar sekarang. Anda juga dapat memulai Perdagangan Demo untuk berlatih berdagang di OKEx tanpa risiko kehilangan uang Anda dan mengklaim hingga $80 dalam mata uang kripto dengan menggunakan OKEx dan mengundang orang lain untuk bergabung.

Follow OKEx

Twitter: https://twitter.com/OKEx
Facebook: https://www.facebook.com/okexofficial/
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/okex/
Telegram: https://t.me/okexofficial_id
Reddit: https://www.reddit.com/r/OKEx/
Instagram: https://www.instagram.com/okex_exchange/

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

tutorial-pemula