x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Ide Perdagangan Artikel

Pasar Kripto di Bawah Tekanan, Harga BTC Jatuh Lagi, Altcoin Anjlok

2021.06.22 okexindonesia

Bitcoin gagal berbalik arah dan musim altcoin tampaknya akan berakhir — Market Watch Weekly

Sejak provinsi Sichuan China telah memerintahkan penambang mata uang kripto untuk mematikan mesin pada 19 Juni tengah malam di tengah kerasnya aksi jual Bitcoin, data OKLink menunjukkan bahwa tingkat hash jaringan Bitcoin mengalami penurunan tiba-tiba menjadi 122 EH/s, penurunan lebih dari 30% dari puncak historisnya 181 EH/s pada 13 Mei.

Dengan jaringan Bitcoin yang kemungkinan akan mengalami penurunan terus-menerus untuk beberapa waktu, harga BTC diperkirakan akan tetap berada di bawah tekanan. Pertanyaan besar lainnya adalah apakah penambang akan membuang koin mereka dalam waktu dekat dan kekhawatiran ini juga sangat memengaruhi kepercayaan pasar.

Karena CME tidak memperbarui laporan CFTC pada hari Senin, kami tidak dapat mengamati aktivitas institusional terbaru di pasar derivatif. Namun, menurut penyedia data ByteTree, jumlah BTC yang dimiliki oleh berbagai dana (ETF Eropa dan Kanada dengan dana tertutup) telah turun menjadi 782.558 BTC pada Jumat lalu di mana pengurangan signifikan lebih dari 15.000 BTC dalam tiga hari dan level terendah sejak 25 Februari. Jelas, investor institusional telah menjauh dari pasar yang sangat fluktuatif ini dan masih harus dilihat kapan mereka akan kembali.

Kepemilikan BTC — ETF Eropa dan Kanada dengan dana tertutup AS dan Kanada. Sumber: ByteTree

Di sisi harga, BTC tidak terlihat rebound minggu lalu, harga kembali turun dari 41.000 USDT ke level 34.000 USDT di mana penurunan dalam satu minggu sebesar 9,8%, berdasarkan harga spot OKEx. Pada grafik harian, angka 30.000 USDT akan menjadi level penting yang harus diperhatikan dan tembusnya ambang batas ini dapat meningkatkan ketakutan di pasar.

BTC mengalami penurunan sebesar 9,8% selama seminggu terakhir ini. Sumber: TradingView

Musim Altcoin tampaknya akan berakhir

Selama penurunan minggu lalu, altcoin bahkan berkinerja lebih buruk. ETH, SOL dan LTC mengalami penurunan sekitar 10%, sedangkan ETC dan DOGE turun sebesar 15%. Bahkan dari perspektif teknis, kita dapat melihat level tertinggi yang lebih rendah dicetak pada grafik altcoin utama. Pergerakan harga seperti itu mengindikasikan pecahnya sentimen bullish.

Pendapatan mingguan altcoin utama, 14/6 hingga 20/6. Sumber: TradingView

Indeks Musim Altcoin dari BlockchainCenter turun dari level 86 menjadi 76 dalam periode yang sama, dan kini bisa turun di bawah kisaran “musim altcoin”. Karena kurangnya kepercayaan pasar, altcoin mungkin mendapati koreksi yang lebih dalam jika BTC tidak dapat bertahan di angka 30.000 USDT.

Indeks Musim Altcoin. Sumber: BlockchainCenter

DeFi tidak bisa menonjol

Biaya gas Ethereum telah jatuh ke level terendah enam bulan yang mana menunjukkan penurunan bertahap dalam aktivitas pasar. Akibatnya, nilai total terkunci di DeFi dalam mata uang USD mengalami penurunan dari $62,8 miliar menjadi $53 miliar saat ini, sementara itu, ETH yang terkunci di DeFi tidak memulih.

Aave mendapat peringkat sebagai protokol terbesar untuk minggu berikutnya dengan $11 miliar TVL, diikuti oleh Curve sejumlah $7,2 miliar dan Maker sejumlah $6,8 miliar.

Nilai total terkunci di DeFi. Sumber: DeFi Pulse

Satu-satunya token yang naik adalah 1INCH dengan pendapatan mingguan sebesar 12,7%. Token asli dari tiga besar protokol DeFi berdasarkan TVL semuanya mendapati lebih dari 13% koreksi. Di sisi lain, SUSHI dan LUNA agak bertahan dengan penurunan sekitar 3%.

Pendapatan mingguan token DeFi utama, 14/6 hingga 20/6. Sumber: TradingView

Menanti update minggu ini

Pertemuan FOMC Federal Reserve Amerika Serikat minggu lalu memberi kabar bahwa tujuh anggota menunjukkan dukungan untuk memajukan kenaikan suku bunga hingga 2022 dan lebih dari setengah anggota mendukung memulai kenaikan pada 2023.

Karena kenaikan suku bunga dapat diharapkan terjadi lebih cepat, Indeks Dolar dan Indeks Volatilitas menguat tajam, sementara emas dan ekuitas mengalami koreksi cepat pada hari Jumat.

Minggu ini, pelaku pasar akan mengamati dengan cermat komentar Ketua Fed Jerome Powell pada hari Selasa, saat ia akan memberikan kesaksian tentang kebijakan di depan Kongres.


OKEx Insights menyajikan analisis pasar, fitur mendalam, penelitian asli & berita yang dikuratori oleh para profesional kripto.

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

ide-perdagangan