x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Analisis Industri Artikel

Warner Music Group memasuki sektor NFT, startup infrastruktur Alchemy mengumpulkan $80 juta

2021.05.05 okexindonesia

Meskipun sentimen investor tetap tenang di pasar NFT yang lebih luas, CryptoPunks masih mencatatkan penjualan tujuh digit, LarvaLabs merilis Meebits dan lebih banyak waralaba olahraga yang merangkul koleksi digital.

Hype seputar pasar token nonfungible tidak seheboh seperti di awal tahun, namun demikian sektor ini terus menunjukkan perkembangan yang positif.

Menyusul kesuksesan NBA Top Shot dan Sorare, klub olahraga semakin menyadari potensi NFT. Minggu ini, Golden State Warriors NBA melelang seri NFT independen dan lima tim sepak bola Italia mengikuti jejak Sorare.

Di ranah lain, Warner Music Group bersatu dengan startup teknologi Genies untuk memproduksi NFT bagi artis yang bekerja sama dengan mereka sebagaimana startup infrastruktur NFT, Alchemy, mengumpulkan tambahan senilai $80 juta.

Perkembangan semacam ini dalam sub-industri muda mendukung klaim yang dibuat oleh pencipta NFT pemecah rekor Mike “Beeple” Winkelmann minggu ini. Dalam wawancara dengan CNBC, seniman digital terkenal itu berpendapat bahwa NFT akan ada selama “beberapa dekade”.

Berikut yang perlu Anda ketahui tentang cerita-cerita ini dalam Snapshot NFT minggu ini dari OKEx Insights.

Warner Music Group memasuki sektor NFT

Label rekaman internasional dan perusahaan entertainment Warner Music Group mengumumkan kehadiran pertamanya di pasar NFT minggu ini. Perusahaan yang bekerja sama dengan banyak artis rekaman papan atas dunia telah menjalin kemitraan global dengan perusahaan startup teknologi Genies. Kesepakatan itu akan memungkinkan artis WMG untuk merilis avatar NFT dan perangkat digital mereka sendiri.

Meski adanya penurunan NFT di kalangan musisi seperti Deadmau5, Eminem, Grimes dan Shawn Mendes, Forbes melaporkan masuknya label besar tersebut ke pasar sebagai pelaku industri pertama.

Keberhasilan para artis di bidang NFT yang baru seumur jagung ini bervariasi. Di satu sisi, penjualan NFT dari artis indie dan album dari pendukung cryptocurrency yaitu 3LAU Ultraviolent mencapai $11,7 juta. Di sisi lain, penjualan beat yang unik yang diproduksi Eminem sangat mengecewakan minggu lalu, begitu pula dengan penjualan album terbaru rocker indie AS Kings of Leon yaitu When You See Yourself yang keluar pada Maret lalu.

Alchemy menggalang $80 juta dalam pendanaan

Pada tanggal 28 April, startup middleware blockchain yaitu Alchemy mengumumkan hasil dari putaran pendanaan seri B senilai $80 juta. Investasi terbaru ke perusahaan yang berbasis di San Francisco ini membuat total valuasinya menjadi sekitar $500 juta.

Seperti dilansir oleh CNBC, beberapa nama besar ikut serta dalam putaran pendanaan Alchemy baru-baru ini. Mereka termasuk pemilik Manchester United, keluarga Glazer; band The Chainsmokers; aktor Jared Leto; dan perusahaan investasi ventura DFJ Growth. Perusahaan manajemen investasi global yang berfokus pada teknologi yaitu Coatue dan perusahaan investasi tahap awal milik Lee Fixel yaitu Addition memimpin putaran pendanaan.

Platform pengembang Alchemy telah dideskripsikan sebagai blockchain yang setara dengan Amazon Web Services. Beberapa platform NFT terkenal menggunakan produk ini, termasuk OpeaSea, Nifty Gateway, dan NBA Top Shot.

Waralaba olahraga terus melihat potensi pemasaran di NFT

Terinspirasi oleh kesuksesan NBA Top Shot dan ketertarikan pemilik Dallas Mavericks yaitu Mark Cuban terhadap NFT, waralaba bola basket San Francisco Golden State Warriors menjadi tim olahraga profesional pertama di Amerika Serikat yang merilis seri NFT resmi minggu ini. Lelang yang menjual potongan tiket digital dan cincin kejuaraan dari game legendaris ini berlangsung pada tanggal 1 Mei.

Koleksi NFT Golden State Warriors Legacy terdiri dari karya seni peringatan musim dan pertandingan terbaik. Sumber: GSWNFT.com

Studio seni visual Brasil yaitu Black Madre merancang konten digital untuk dijual. Sementara itu, tim perhiasan yang berbasis di Los Angeles memproduksi cincin kejuaraan fisik untuk menemani beberapa dari pengundian tersebut.

Perusahaan pemasaran selebriti Medium Rare memfasilitasi lelang untuk Warriors. Sebelumnya, perusahaan tersebut membantu bintang NFL Rob Gronkowski membuat peluncuran NFT-nya sendiri yang menghasilkan penjualan lebih dari $2 juta sejak peluncurannya pada pertengahan Maret lalu.

Statistik dari pasar NFT terkemuka OpenSea menunjukkan bahwa 86 pembeli mengambil semua koleksi Golden State Warriors yang berjumlah 329 buah dengan harga rata-rata 1,99 ETH. Total volume yang diperdagangkan di pasar primer dan sekunder hingga saat ini hampir senilai 670 ETH.

Di dunia olahraga NFT, lima tim lainnya yang semuanya berasal dari Serie A Italia bergabung dengan permainan sepak bola fantasi digital Sorare. Bergabungnya Cagliari, Sampdoria, Genoa, Udinese dan Hellas Verona membuat lebih dari separuh klub papan atas Italia kini terwakili. Penandatanganan terbaru mendorong daftar tim global platform hingga lebih dari 140.

CryptoPunks mendominasi saat LarvaLabs meluncurkan Meebits

CryptoPunks kembali menduduki puncak angka volume mingguan penyedia analisis sektor DappRadar. Penjualan yang mencapai lebih dari $22,5 juta meningkat lebih dari 41% dibandingkan minggu sebelumnya. Tiga CryptoPunks terjual lebih dari $500.000 dalam tujuh hari terakhir yang meningkatkan kenaikan secara signifikan.

Minat pada proyek perintis NFT berbasis Ethereum tumbuh kembali menjelang debut Punks di rumah lelang Christie akhir bulan ini. Sembilan dari potret pixel akan dilelang pada tanggal 13 Mei di New York, bersama dengan karya yang lebih tradisional milik Andy Warhol dan Jean-Michel Basquiat.

Kreator CryptoPunks, LarvaLabs, merilis proyek NFT baru pada tanggal 5 Mei. Meebits merupakan rangkaian dari 20.000 karakter voxel 3D yang dihasilkan. Kepemilikan diwakili oleh token ERC-721 dan proyek ini menampilkan fitur marketplace tanpa biaya.

Semua NFT yang disediakan oleh perusahaan sejumlah 9.000 terjual cepat. Peluncuran proyek menghasilkan hype yang signifikan. Buktinya adalah satu Meebit di OpenSea dijual seharga 200 ETH atau lebih dari $660.000 sekitar empat jam setelah proyek diluncurkan

Proyek NFT LarvaLabs terbaru terjual lebih dari $660.000 pada penjualan pasar sekunder pada hari peluncuran. Sumber: OpenSea

Dalam peringkat volume minggu ini ada NBA Top Shot dari Dapper Labs di blockchain Flow di peringkat kedua yang menyusul CryptoPunks. Game koleksi digital bola basket yang sangat populer mengalami peningkatan volume mingguan sekitar 5,8%, dengan total penjualan lebih dari $15 juta. Game ini juga mengalami peningkatan pengguna aktif sebesar 23,5% dengan sekitar 120.000 orang membeli dan menjual NFT Top Shot dalam tujuh hari terakhir.

Meskipun Sorare mendapat anggota baru, volume mingguan koleksi sepak bola tersebut turun sekitar 6,3%. Namun, total volume $2,82 juta menempatkan Sorare di posisi kelima koleksi teratas, di atas dunia virtual Decentraland yang bernilai $1,4 juta.

CryptoPunks tetap menjadi proyek NFT dengan volume tertinggi. Sumber: DappRadar

Meskipun total volume dan penjualan jauh lebih rendah dari puncak sebelumnya, perusahaan perangkat lunak Ethereum ConsenSys mencatat bahwa penjualan seni kripto sekarang menyumbang sekitar 10% dari penjualan pasar seni global. Perusahaan tersebut menerbitkan laporan DeFi Q1 2021 minggu ini, di mana mereka mengomentari dampak virus corona terhadap sektor NFT. Tertulis:

“Pandemi menciptakan lingkungan yang subur bagi seniman online dan pengangguran untuk menghasilkan uang dari karya mereka.”

Terakhir diperbarui: 4 Mei 2021.

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

analisis-industri