x

Tersalin

Bagikan artikel ke

Akademi Analisis Industri Artikel
DeFi yearn.finance DeFi Digest

Yearn.finance mengusulkan pertukaran antara pengembangan masa depan dan ideologi Bitcoin

2021.03.11 okexindonesia

DeFi Digest dari OKEx Insights adalah pemeriksaan mingguan industri keuangan terdesentralisasi.

Tekanan dari penjual berlanjut minggu ini dan keuangan yang terdesentralisasi tidak kebal. Nilai total yang terkunci dalam produk DeFi turun menjadi $21,92 miliar pada 21 Januari, meskipun kerugian kembali selama tiga hari terakhir mencapai $25,81 miliar pada saat pers.

Selain itu, volume perdagangan rata-rata mingguan dari pertukaran terdesentralisasi turun 11% dan berada di $1,79 miliar, pada saat penulisan ini. Uniswap melanjutkan kepemimpinannya di antara DEX dengan pangsa pasar 41%.

Total volume pinjaman di bidang pinjaman DeFi juga turun 4% karena Compound mempertahankan dominasi pasarnya di sektor ini dengan pangsa 48%. Curve mempertahankan kepemimpinannya sebagai kumpulan likuiditas terbesar - membukukan peningkatan mingguan 17%, dengan nilai total terkunci sebesar $1,32 miliar.

Volume perdagangan rata-rata mingguan di DEX mengalami penurunan yang signifikan. Sumber: DeFi Pulse dan DeBank

Berbagi ideologi pasokan tetap Bitcoin

Ini adalah minggu yang sibuk bagi agregator hasil DeFi Yearn.finance setelah komunitas membahas proposal pendanaan baru-baru ini mengenai pencetakan token YFI. Argumen tersebut menyajikan pertukaran antara visi asli protokol dan pengembangannya di masa depan.

Yearn.finance adalah rangkaian produk DeFi yang menyediakan agregasi pinjaman, perolehan hasil, dan asuransi di blockchain Ethereum. Protokol ini memiliki token tata kelola, YFI, dan secara umum memiliki filosofi pasokan yang serupa dengan Bitcoin dengan menetapkan total pasokan pada 30.000 token, tanpa pra-tambang, alokasi tim, atau hadiah pendiri. Kelangkaan YFI ini menyebabkan pengembalian besar-besaran sebesar 35.000% pada minggu pertama pencatatannya di Uniswap.

Pada bulan September 2020, pendiri Yearn.finance Andre Cronje mengusulkan pencegahan penerbitan YFI di masa depan dengan menetapkan batas maksimum 30.000 token. Namun, proposal tersebut tidak diberlakukan - meskipun telah mendapat persetujuan lebih dari 90%. Menurut pengembang Yearn "Tracheopteryx," Cronje tidak membuat proposal Peningkatan yEarn resmi, atau YIP, untuk suplai token YFI. Tidak ada untuk membakar tidak ada pemungutan suara penawaran kunci pencetakan YFI. Akibatnya, saat ini tidak ada batasan tegas terhadap total pasokan YFI.

Mempertahankan pengembang Yearn

Diskusi mengenai total pasokan YFI kembali dibahas ketika komunitas Yearn mulai memperdebatkan pengembangan protokol di masa depan. Anggota komunitas "yfi_lit" menyatakan keprihatinannya atas mempertahankan pengembang Yearn dan mengusulkan pembuatan 1.000 token YFI untuk mendorong pengembangan. Namun, 60% pemilih menentang proposal tersebut.

Komunitas Yearn tampaknya membentuk konsensus untuk memberi penghargaan kepada pengembang melalui proposal YIP-56 – Buy Back dan Build Yearn. Proposal yang dijuluki "BABY" tidak akan menghasilkan YFI baru dan memiliki dua tujuan utama:

  1. Ganti imbalan staking YFI dengan pembelian kembali YFI
  2. Hentikan brankas tata kelola YFI

Orang-orang di balik proposal tersebut percaya bahwa persentase imbal hasil tahunan yang rendah dari YFI membuatnya tidak kompetitif bagi pemegangnya. Hal ini dapat menghalangi pemegang YFI untuk berpartisipasi dalam tata kelola. Jika proposal disahkan, pembelian kembali YFI akan menguntungkan setiap pemegang YFI - bukan hanya mereka yang staking token tata kelola. Apresiasi modal melalui pembelian kembali YFI dapat dikenakan pajak kurang dari pendapatan dividen melalui staking rewards. Selain itu, penghentian kubah tata kelola akan memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam tata kelola - bahkan jika mereka memasok YFI pada kumpulan likuiditas dalam protokol DeFi lainnya.

Proposal lolos dengan lebih dari 99% persetujuan.

Membuat YFI baru

Pada tanggal 22 Januari, sebelas pengembang inti dan anggota komunitas mengajukan proposal yang disebut "Mendanai Masa Depan yang Mendambakan" dalam upaya untuk mencetak 6.666 YFI - sepertiganya akan masuk ke kontributor inti yang dua pertiganya akan dimasukkan ke dalam kas yang dikelola. oleh komunitas Yearn.

Tim Yearn percaya bahwa proposal pendanaan terbaru mengkonsolidasikan visi proposal BABY sambil tetap mempertahankan kontributor inti. Mereka mengakui bahwa paket hadiah untuk pengembang tidak kompetitif dan beberapa kontributor diburu oleh tim proyek lain. Secara khusus, Yearn.finance memiliki perbendaharaan operasional hanya $500.000 dan nol token yang dialokasikan ke tim - sehingga hampir tidak mungkin untuk bersaing dengan saingan seperti Uniswap dan Compound.

ProtokolUkuran Perbendaharaan (USD)Token dialokasikan ke tim (USD)
Yearn.finance$500.0000
Uniswap~$2 miliar~$4 miliar
Compound~$176 miliar~$580 miliar

Yearn.finance telah berjuang untuk mempertahankan potensi karena sumber daya keuangan yang terbatas dan kurangnya alokasi token untuk tim. Sumber: Yearn.finance

Untuk mempertahankan pengembang inti, tim Yearn telah menyatakan bahwa pencetakan adalah satu-satunya cara yang masuk akal untuk menjembatani kesenjangan antara protokol dan pesaing. Setelah mengumpulkan umpan balik dari komunitas Yearn, tim memutuskan bahwa peningkatan ~20% adalah jumlah minimum yang layak untuk memberikan rencana kompetitif bagi retensi pengembang. Oleh karena itu, mereka mengusulkan pencetakan 6,666 YFI tersebut di atas — 2% dari total pasokan saat ini.

Kelompok kerja kompensasi akan dibentuk untuk menyelesaikan paket kompensasi dan persyaratan vesting untuk pengembang yang memenuhi syarat. Kelompok kerja juga akan bertanggung jawab atas perekrutan kontributor baru.

Dana di perbendaharaan, sementara itu, akan digunakan untuk berbagai kasus penggunaan - seperti insentif kontributor di masa depan, program penambangan likuiditas, dan penggabungan protokol. Selain itu, YFI yang dicetak juga dapat mendukung pengeluaran berkelanjutan yang ditetapkan dalam YIP-54.

Komunitas Yearn yang menarik

Meskipun komunitas Yearn pada prinsipnya setuju dengan proposal pendanaan terbaru, mereka memiliki pandangan berbeda tentang jumlah pencetakan YFI dan proporsi YFI yang dialokasikan ke tim pengembang inti. Pada saat penulisan, proposal tersebut telah mendapatkan 70% persetujuan dan pemungutan suara resmi diharapkan dilakukan melalui perangkat tata kelola.

Sementara proposal baru-baru ini seputar pembentukan YFI telah memicu perdebatan sengit, tim inti Yearn sebagian besar menyatakan kegembiraannya atas keterlibatan komunitas. Cronje menyatakan dalam tweet awal pekan ini bahwa debat telah menarik untuk disaksikan dan bahwa dia percaya bahwa ini adalah contoh yang kuat dari tata kelola masyarakat.

Disclaimer: Materi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk membuat keputusan investasi, juga tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk melakukan transaksi investasi. Perdagangan aset digital melibatkan risiko yang signifikan dan dapat mengakibatkan hilangnya modal yang Anda investasikan. Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami risiko yang terlibat dan mempertimbangkan tingkat pengalaman Anda, tujuan investasi dan mencari nasihat keuangan independen jika perlu.

Direkomendasikan

analisis-industri